Tips Mempercepat Koneksi Internet

05.07
Koneksi internet adalah sesuatu yang sangat penting di jaman digital seperti saat ini. Banyak pekerjaan dan kegiatan lainnya yang dapat dikerjakan dengan cepat dan praktis berkat bantuan internet. Contohnya adalah jika kita ingin mengirimkan surat elektronik atau file-file penting, tinggal kirim melalui fasilitas email. Ingin membaca ebook atau mencari referensi karya ilmiah, tinggal browsing saja melalui internet. Begitu juga jika kita ingin menghubungi keluarga dan teman yang jauh tempat tinggalnya, kita bisa terhubung dengan mereka melalui sosial media secara online.
Pastinya sangat menyenangkan jika berselancar online dengan kecepatan koneksi internat yang bagus, lain halnya bila kecepatan koneksi internet kita lambat atau lemot pastinya kita merasa kesal dan jengkel karena kenyamanan berinternet ria terganggu. Internet lambat bukan hanya menghambat berbagai aktivitas penting di era digital seperti sekarang ini, tapi juga bisa menyulut emosi si pengguna internet karena proses data yang tak kunjung selesai. Nah, sebelum merasa kesal dengan koneksi internet yang terlalu lemot, simak dulu beberapa tips mempercepat koneksi internet berikut ini:

1. Mengubah Setting Bandwidth Anda

Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk keperluan transmisi data. Pada umumnya bandwidth pada setting default komputer hanya berkisar pada angka 20% saja. Agar koneksi internet anda maksimal, gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar lagi dengan mengubah setting pada computer configuration. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Klik Start pada komputer Anda
  • Pilih Run > Ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan > Klik OK
  • Pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK
  • Restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya

2. Mengubah DNS Pada Komputer

Selain dengan cara mengubah nilai bandwidth, Anda juga dapat mempercepat koneksi internet dengan mengganti DNS nya. DNS merupakan singkatan dari Domain Name System dan digunakan untuk melakukan pencarian nama di komputer yang menggunakan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan semula.
Menggunakan open DNS, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka Control Panel Komputer Anda
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Lalu klik Ok
Menggunakan DNS dari Google, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka Control Panel Komputer Anda
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4

3. Mengaktifkan DNS Cache

Fungsi dari DNS Cache sama dengan penjelasan pada poin 5, bedanya adalah pada langkah ini kita mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka Notepad
  • Copy kode berikut ini ke dalam notepad :
  • Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg
  • Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

4. Pilihlah Provider yang Kompeten

Pilihlah Internet Service Provider (ISP) yang sudah terbukti handal dan kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Jangan mudah tergiur dengan promosi banting harga yang ditawarkan oleh ISP tertentu. Karena tentunya harga tidak bisa bohong. Harga yang agak mahal tentu akan sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.

2. Gunakan Modem yang Memadai

Modem (modulator demodulator) adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu untuk kemudian diproses melalui saluran telepon kabel.
Modem tersebut memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi maksimal, gunakanlah modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar. Biasanya modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps.

3. Gunakan Provider yang Belum Begitu Banyak Digunakan

Meskipun dikenal sebagai provider yang qualified dalam menyediakan koneksi internet, padatnya pengguna internet pada provider tertentu juga dapat menjadi penyebab lemotnya koneksi internet yang Anda gunakan.
Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya. Dengan demikian Anda masih berkesempatan untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi maksimal.

7. Gunakan Perangkat Komputer atau Gadget Berspesifikasi Tinggi

Jika keenam cara di atas sudah anda praktekkan dan ternyata tidak membantu meningkatkan koneksi internet Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat komputer atau gadget yang digunakan untuk mengakses internet. Bila perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM, prosesor dan harddisk berkapasitas rendah, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang bisa Anda peroleh. Jadi, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet Anda sudah sangat lambat.
Di atas tadi adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet Anda. Kecepatan koneksi internet dapat dipengaruhi oleh beragam faktor baik faktor internal (penggunaan perangkat/gadget berkapasitas rendah dan setting internet yang keliru) atau faktor eksternal (provider yang kurang kompeten), sehingga Anda harus lebih cermat dalam mengatasi permasalahan koneksi internet tersebut.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar